Tak kuat Nanjak Mobil Kontener Bawa Pakan Ayam Terguling Masuk Jurang Di Pamulang Tangsel

Tangerang Selatan, (In)-Senin (27/5/2024) – Kemacetan parah terjadi sepanjang jalan raya Pamulang-Puspitek setelah sebuah mobil kontainer bermuatan pakan ternak ayam mengalami rem blong. Mobil kontainer berukuran 20 kaki merek Nissan dengan plat nomor B.9791 JA ini sedang dalam perjalanan menuju Taman Tekno saat insiden terjadi di daerah Kali Angke, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang.

Saat menanjak di daerah tersebut, mobil kontainer yang dikemudikan oleh seorang pengemudi yang enggan disebutkan namanya mengalami kegagalan rem, menyebabkan kendaraan tersebut mundur dan jatuh ke dalam lubang jurang. Ketika dikonfirmasi oleh awak media, sang pengemudi hanya mengungkapkan bahwa dirinya membawa muatan pakan ternak ayam dan enggan memberikan keterangan lebih lanjut.

Aditya, salah satu komandan regu dari Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota Tangerang Selatan, yang ditemui di lokasi kejadian, membenarkan insiden tersebut. Ia menduga bahwa mobil kontainer tersebut kelebihan muatan, yang mengakibatkan kendaraan tidak mampu menanjak dan akhirnya mengalami rem blong.

“Kita menduga kuat bahwa muatan yang terlalu berat menyebabkan mobil tidak mampu menanjak di daerah Kali Angke dan mengalami rem blong,” ujar Aditya.

Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan bahwa surat-surat kendaraan (KIR) mobil kontainer tersebut telah mati sejak 2 Desember 2022. Menanggapi hal ini, Aditya menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“Kita akan tindak tegas sesuai dengan SOP yang ada. Kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi semua pihak untuk mematuhi aturan dan memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan,” tambah Aditya.

Insiden ini mengakibatkan kemacetan parah di sekitar jalan raya Pamulang-Puspitek, dan petugas masih berupaya untuk mengevakuasi kendaraan serta mengurai kemacetan yang terjadi.

(Rusdan)

Kembali Ke Atas Bro ...