Dukung Program Urban Farming, Dandim 0503/JB Dampingi Danrem 052/Wijayakrama Kunjungan Kerja Kasdam Jaya Panen Sayur Poktan GSG 07 Kampung Salo Kembangan 

JAKARTA,(IN) – Guna mendukung Program Urban Farming dan Ketahanan Pangan, Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Kolonel Inf ES Putra Siregar, S.I.P., mendampingi Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Krido Pramono, S.H., M.Si., dalam rangka Kunjungan Kerja Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Tatang Subarna panen sayur mayur Kelompok Tani (Poktan) GSG 07 yang merupakan binaan dari Koramil 07/Kembangan, bertempat di Lahan Urban Farming Kampung Salo, Jl. Kampung Salo RT.003/RW.07 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Jum’at (31/5/2024). 

Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Tatang Subarna datang bersama Kapoksahli Kapok Sahli Pangdam Jaya Brigjen TNI Dodo Irmanto disambut hangat oleh Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Krido Pramono, S.H., M.Si., Dandim 0503/JB Letkol ES. Putra Siregar, S.I.P., Danramil 07/KB Mayor Kav Dwi Joko S, Kapenrem Mayor Inf Misin, Pasi Puanter Mayor Inf Asep, Dantim Intel Korem 052/WKR Mayor Inf Jefriansen Sipayung, S.H., Pasi Intel Kodim 0503/JB Mayor Cpl Reka Kurniawan, S.I.P., Pasiter Kodim 0503/JB Mayor Inf Irwan Triyono, Pabanda Wanwil Mayor Inf Zaenal A, Kaur ter Kapten Inf Sudarsono, Wakapolsek Kembangan AKBP Didi, Camat Kembangan diwakili Wakil Camat Bpk Trisno Mulyono, Lurah Kembangan Selatan diwakili Sekkel Bpk Indra Gunawan, LMK Bapak Suwandi, Karang taruna Bapak Dani, Ketua Rt 01- 08, Tokoh Masyarakat Bapak Jarwono, Kelompok Tani GSG 07, Kader PKK, Jumantik, serta Warga Sekitar.

Acara sebelumnya adalah ramah tamah dan perkenalan Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Krido Pramono, S.H., M.Si., dengan Tiga Pilar Kecamatan Kembangan, Kelompok Tani GSG 07 dan warga masyarakat.

Sambutan dari Ketua RW 07 Kelurahan Kembangan Utara Bapak Arsim mengungkapkan, “Alhamdulillah dengan kedatangan bapak-bapak Ibu di sini kami menghaturkan banyak terima kasih atas support tentunya dari Kodim juga dari Koramil serta Bima sebagai insan yang ikut mengembangkan kebun kita sehingga menjadi hijau. Jadi kita mulai dari kecil Pak, dari 2018 kita tanamkan dengan memanfaatkan lahan tidur yang merupakan tanah liat PT dan alhamdulillah sekarang sudah tambah luas dan Insya Allah ke depan kalau ada biaya kita lebarin lagi (lahan) ini”, ucapnya.

Selanjunya Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Tatang Subarna menjelaskan tentang program ‘Urban Farming’ yang dicetuskan oleh Bapak Panglima yang mempunyai program kebiasaan bercocok tanam di kampung, di desa beliau ingin di kota bercocok tanam, banyak hal yang kita bisa dapatkan. Bapak/Ibu sekalian contohnya, tadi saya lewat ada yang tanam cabe, ada bawang dan segala macam tanaman dapur termasuk tanaman obat keluarga (toga).

“Kami membantu banyak hal yang bisa kita dapatkan apalagi ini sudah dimulai dari tahun 2018, luar biasa dan lanjut kolaborasi dengan Tiga Pilar, Pak Camat, Pak Walikota, Pak Kapolsek, Pak Kapolres, mudah-mudahan menjadi contoh untuk di kampung-kampung, desa-desa dan kelurahan yang lain bisa seperti ini”, ujar Kasdam Jaya.

“Saya kadang-kadang rewel begini harus beli, mungkin tomat aja beli, bawang harus beli, saya rewel itu, kalau saya datang ke asrama-asrama tentara, seledri kita beli, kemudian Bogornya langsung tanam, bisa juga menjadi obat ginjal, kalau bapak/ibu punya penyakit ginjal, ambil tuh daunnya, kemudian direbus, airnya diminum itu betul-betul sempurna dan bermanfaat”, ungkapnya.

“Saya mewajibkan semua tempat ada tanamann binahong, kenapa biar gak usah ke dokter. Kalau luka bisa dibersihin pake obat binahong, insya Allah sembuh untuk itu bisa irit ekonomi tidak ke dokter lagi”, tutup Kasdam Jaya memberikan tips kesehatan.

Kemudian, Kasdam Jaya bersama Danrem 052/Wkr melaksanakan pemberian Paket Sembako secara simbolis kepada para anggota Kelompok Tani GSG 07. Total sebanyak 40 Paket diberikan untuk membantu meringankan beban warga masyarakat yang berisi antara lain Beras Ramos 5 Kg, Mie Sedap 5 pack, Gula pasir 1 Kg, Ikan Sarden 1 Kaleng, serta Minyak Goreng 1 Liter.

Selanjutnya Kasdam Jaya/Jayakarta bersama Danrem 052/Wkr dan Kelompok Tani GSG 07 melakukan panen sayur mayur antara lain kangkung dan pakcoy. Serta meninjau seluruh tanaman sayur dan buah serta memberi pakan ikan di kolam budidaya ikan air tawar lele dan gurame. Setelah itu Kasdam Jaya/Jayakarta meninjau lapangan olahraga dan kegiatan ditutup dengan sholat ashar berjamaah di Masjid Al-Barokah. Kunjungan Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Tatang Subarna ke Lahan Urban Farming Kampung Salo berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

 

*(Sumber Pendim 0503/JB)*

Kembali Ke Atas Bro ...