Kabid DLH Wismansyah Musa Sukur ST.MSI Resmikan Bank Sampah Mandiri

By Rusdan 25 Sep 2021, 15:25:56 WIB Sekitar Kita
Kabid DLH Wismansyah Musa Sukur ST.MSI Resmikan Bank Sampah Mandiri

TANGERANG SELATAN ,(IN)- Para penggiat lingkungan terus menggalakkan kepedulian kebersihan kepada masyarakat, menata manusia berintegritas sadar lingkungan peduli dengan kebersihan. Penggiat lingkungan dibawah pendampingan Bank Sampah wilayah Kecamatan Ciputat, hari ini hadir meresmikan Bank Sampah Mandiri Sejahtera, dibawah naungan Yayasan Peduli Tali Bangsa, serta menempatkan dirinya sadar dengan lingkungan dan menyemarakkan mottonya yaitu, Sukses Maju Bersama Pasti Bisa. Ciputat, Jum’at, (24/09/21).

“Masih dalam memperingati hari kebersihan se-Dunia (World Cleanup Day 2021), bank sampah Mandiri Sejahtera untuk pertama kalinya laksanakan penimbangan kardus hasil pengumpulan sampah yang di pilah pemamfaatannya, dan di saksikan langsung oleh Kabid Kebersihan DLH Kota Tangsel Wismansyah Musa Sukur, S.T., M.Si”.


Baca Lainnya :

Peresmian bank sampah Mandiri Sejahtera hadir diantaranya, pembina Yayasan Peduli Tali Bangsa, Drs. Dodi Lukman Hakim, Kabid Kebersihan DLH Kota Tangsel Wismansyah Musa Sukur, S.T., M.SI, Kepala Yayasan Peduli Tali Bangsa, Hayat Hidayat, S.IP, Camat Ciputat diwakili Bahrudin, Sekretaris Kelurahan Sawah, Didi Supriyadi, SOS, Ketua RT, Mukijan, dan penggiat lingkungan wilayah Kecamatan Ciputat Ismuniati.

Mengawali acara ketua Yayasan Peduli Tali Bangsa Hayat Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, seiring perkembangan jaman tentunya makin bertambahnya volume ras comunity atau budaya masyarakat, terutama yang menyangkut masalah kebersihan. Maka kami dari bank sampah Mandiri Sejahtera memuliakan program bank sampah dan dapat menjadikan spekulan yang bermamfaat untuk masyarakat, dan tentunya memiliki nilai ekonomi,"katanya.

Hayat Hidayat menambahkan, dalam program ini dari Yayasan kami terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada adik-adik Yatim yang berjumlah 200 personal, maka dari itu dalam pengolahan bank sampah dari sisi ekonominya akan kami gunakan untuk pembinaan anak Yatim di Yayasan Peduli Tali Bangsa,"ucapnya.

Ditempat yang sama Bahrudin mewakili Camat Ciputat mengatakan, bahwa sebagai kegiatan positif yang dilakukan oleh masyarakat tentunya kami dari perangkat Kecamatan sangat mendukung program bank sampah Mandiri Sejahtera ini terlaksana,"imbuhnya.

Sambutan istimewa yang dilantunkan oleh Kabid Kebersihan DLH Kota Tangsel, Wismansyah Musa Sukur, S.T., M.Si mengatakan, sangat mengapresiasi berdirinya bank sampah Mandiri Sejahtera yang di naungi Yayasan Peduli Tali Bangsa. Masih dikatannya untuk sampah di Kota Tangsel itu bila dihitung-hitung untuk 2 tahun lalu mencapai kurang lebih 970 ton perhari, dan Alhamdulillah setelah saya ditugaskan untuk mengurus penanganan sampah ya Alhamdulillah saat ini sampah yang diangkut ke TPA Cipeucang mencapai 500 ton perhari.

Ia mengisahkan pernah suatu ketika ada orang menanyakan kepada saya? Bapak Wisman ini sebagai profesornya lulusan dari mana ya, balik saya tanya lagi, apakah bapak pernah gak menjadi kepala persampahan dari masyarakat?..jawabnya gak pernah pak,..dan saya juga katakan bahwa saya bukan lulusan untuk persampahan, tetapi saya lulusan teknik elektro, jadi kalau urusan listrik saya sangat ahlinya,"tuturnya.

Namun kita kerja di pemerintahan ini mengawalinya dengan empati, bila mengurus sampah bagaimana caranya supaya tidak bau dan tidak terjadi penimbunan di TPA. Itu kita mulai dari diri kita sendiri, peduli dengan lingkungan sekitar, dan tema paling sederhana itu mengurus sampah adalah kita mulai dari rumah sendiri, jangan egois mengenai sampah, karena kalau kita egois maka urusan sampah tidak akan selesai,"ujarnya.

Sebagai nilai ekonominya bank sampah ini sangat banyak manfaatnya bila kita kelola dengan baik, jangan malu menjadi pengelola sampah ya...tinggal menjalin partnership dengan pihak pemerintah semua akan berjalan baik, datang kepada saya pak Wisman tolong angkut sampah ini tinggal membayar kontribusinya itu sampah akan diangkut oleh petugas kami.. ya bapak – ibu,"ucap Wisman dengan gaya bicara humorisnya kepada para penggiat lingkungan dan pengelola bank sampah Mandiri Sejahtera, sampai menutup pembicaraan nya.

Ditempat terpisah ketua Yayasan Peduli Tali Bangsa Hayat Hidayat menambahkan, awalnya di Yayasan ini ada program aktif yaitu ikut serta dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, memang dari Yayasan ini sudah lama ingin kita buat bank sampah, namun dengan dukungan dari berbagai pihak support nya juga kepada kami sehingga terlaksananya pada hari ini.

Sebelumnya dilakukan juga penyuluhan-penyuluhan terkait bank sampah oleh ketua PKM dari Kecamatan yaitu mbak Ismuniati, juga difasilitasi dengan memperingati hari kebersihan sedunia (world clienup day 2021), dalam moment yang sangat bagus sekalian saja untuk peresmian bank sampah Mandiri Sejahtera,"pungkas Hayat Hidayat. (Rusdan).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment