Kemenag Kota Tangerang Gelar Sosialisasi AKMI 2022

By Syamsuri 26 Agu 2022, 17:50:50 WIB Dunia Islam
Kemenag Kota Tangerang Gelar Sosialisasi AKMI 2022

KOTA TANGERANG, (IN) - Dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan siswa madrasah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2022 di MTs Negeri 1 Kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (26/822).

Sosialisi AKMI 2022 Kemenag Kota Tangerang bertujuan mendorong pengembangan madrasah memiliki siswa berkompeten sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang H. Samsudin pada kesempatannya mengatakan, akan terus mendorong kegiatan AKMI 2022, sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

Baca Lainnya :


" Kegiatan AKMI 2022 kegiatan lanjutan dimana sisanya tinggal 77 MI dan MTs sebagai piloting. Jadi ikuti kegiatan ini supaya bisa mendorong suksesnya kegiatan AKMI, jadi tolong minta dukungan juga kepada lembaga kalian atau pengurus Madrasah supaya ikut bantu dukung. Masi sama- sama kita sukses kan AKMI 2022 Kota Tangerang," paparnya, dihadapan puluhan peserta kegiatan.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa pentingnya sarana pendukung dan evaluasi pelaksanaan AKMI Kota Tangerang 2022 mendapat dukungan para lembaga terkait untuk mendorong kegiatan mendatang agar terlaksana dengan baik dan pencapaian penilaian dapat maksimal.

" Supaya nanti bisa diselenggarakan dengan baik berharap lembaga- lembaga yang ada, salah satunya adalah dukungan kepala madrasah atau kepala yayasan. Kalo penilaian tahun 2021 kemarin hanya 1.00 berharap nanti maksimal bisa 90%," ujar Kamenag Kota Tangerang.

Kamenag juga berharap, bahwa kedepannya dapat menyelenggarakan AKMI tingkat MTs dan MA, dan penyelenggaraan AKMI 2022 Kota Tangerang berjalan dengan sesuai harapan agar taraf peningkatan mutu pembelajaran siswa Madrasah Kota Tangerang memiliki kompetensi yang mumpuni dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga sih pendidikan sekolah Madrasah bisa lebih baik lagi," harapnya.

Sementara Kasi Pendma Kota Tangerang, H. Iin Solihin, saat ditemui di sela kegiatan menjelaskan, bahwa sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan AKMI, sangat berharap dapat diikuti seluruh peserta madrasah yang belum mengikuti kegiatan AKMI di tahun 2021.

Untuk itu, dirinya menekankan AKMI 2021 Kota Tangerang yang akan digelar pada akhir tahun 2022 mendatang untuk madrasah, dan piloting penyelenggara MTs Negeri 1 Kota Tangerang.

" Kegiatan sosialisasi ini kerjasama Kemenag dan MI, ini kegiatan ke dua dari 104 Madrasah susahnya sekitar 77 Madrasah yang akan mengikuti AKMI yang rencananya diselenggarakan di awal bulan September 2022," ujar Kasi Pendma Kota Tangerang.

H. Iin Solihin juga berharap, jika kegiatan sudah selesai dilaksanakan dengan baik, untuk tahun berikutnya di 2023 dapat diikuti oleh MI, MTs dan MA secara bersamaan.

" Mudah-mudahan apa yang kita harapkan terlaksana dengan baik untuk MI tahun ini sudah selesai semua. Untuk tahun depan akan digelar untuk MS dan MA baik negeri maupun swasta digelar secara serentak di Kota atau kabupaten se Provinsi Banten," tandasnya.


(Aldo/red) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment