Paguyuban Masyarakat Tionghoa PSMTI Sumbangkan 7 Ekor Sapi Kurban Ke Masjid Istiqlal

By Syamsuri 10 Jul 2022, 09:12:00 WIB Dunia Islam
Paguyuban Masyarakat Tionghoa PSMTI Sumbangkan 7 Ekor Sapi Kurban Ke Masjid Istiqlal

JAKARTA,(IN) – Menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1443 hijriah, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menyerahkan 7 ekor sapi kurban kepada Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (09/07).

Wakil Kepala bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengucapkan banyak terima kasih atas niat baik PSMTI dalam menyerahkan kurban sapi.

“Kami di masjid Istiqlal, khususnya panitia kurban tahun ini merasa bangga dan mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga karena PSMTI ikut berpartisipasi di tahun ini,” ucap Abu Hurairah, Sabtu (09/07).

Baca Lainnya :

Dikatakan oleh Abu Hurairah, masjid Istiqlal menerima banyak sumbangan hewan kurban di antaranya dari Bapak Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, beberapa Menteri seperti Menteri Perhubungan, Menteri Agama, Kapolri Jenderal, para pejabat dan sejumlah komunitas ikut berpartisipasi.


Pembagian hewan qurban tahun ini ada yang diberikan dengan kondisi masih hidup ke masjid, musholla, panti asuhan jompo, pesantren dan lain-lain, namun ada pula yang diberikan dalam keadaan sudah dipotong dagingnya kepada warga, tanpa perlu datang ke masjid Istiqlal untuk antri.

“Kondisi idul Adha tahun ini yang berbeda hanya pandemi sudah meredah, jadi kami tidak perlu lagi pakai APD jadi lebih rileks dan santai. Tapi tahun ini lebih selektif saat memilih hewan qurban dengan adanya wabah PMK pada hewan ternak khususnya di pulau jawa,” jelasnya.

Penyerahan sapi diberikan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal Jakarta pada pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, PSMTI telah menyerahkan satu sapi pertamanya ke Tribunnews.com, dengan jumlah keseluruhan menjadi 8 ekor sapi. Dari ke-7 ekor sapi tersebut sebanyak 2 ekor sapi merupakan sumbangan dari Marga Tan, dan 5 ekor sapi sumbangan dari PSMTI.

Pada penyerahan kurban sapi tersebut, turut hadir Direktur Eksekutif PSMTI Karya Elly, Wakil Sekretaris Umum (wasekum) Sudiono Chung, Wakil Ketua Umum Departemen Kaderisasi Johnny Situwanda, Wakil Ketua Umum Bidang Sosial Lusiana Oey, Wakil Ketua Umum Bidang Humas dan Media Rudi Rusdiah, dan jajaran PSMTI DKI yang diwakilkan oleh Muljadi Husein, Hokiky Hosea, Nicholaus Phang. Johnny Situwanda mengungkapkan bahwa penyerahan sapi kurban ini dilakukan secara spontan dalam waktu beberapa jam.

“Kami secara spontan dalam waktu beberapa jam, memeliki inisiatif mengumpulkan ke-7 sapi kepada masjid Istiqlal yang akan dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Johnny.

Johnny menuturkan bahwa penyerahan hewan kurban ini sebagai langkah pertama kegiatan PSMTI dari kepengurusan baru yang pada 6 Juli 2022 lalu baru dilantik.

“Kami berharap ini dapat bermanfaat, selain untuk masjid juga untuk rakyat Indonesia khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya,” lanjutnya.

Perlu diketahui dan sebagai informasi, PSMTI merupakan organisasi kemasyarakatan marga Tionghoa warga Indonesia tingkat Nasional yang didirikan sejak 28 September 1998 tersebar di 31 Provinsi dan 300 kota/kabupaten di Indonesia.

Paguyuban yang bersifat sosial, budaya dan kemasyarakatan berperan sebagai wadah komunikasi, interaksi, penyalur serta penyerap aspirasi marga Tionghoa di Indonesia dengan lembaga negara, instansi pemerintah, organisasi dan komponen masyarakat lainnya.

“Kami merupakan paguyuban lintas agama yang artinya semua agama ada di dalam paguyuban sosial marga Tioghoa Indonesia. Kami juga tidak membedakan siapa pun bisa berkumpul di PSMTI selama saudara-saudara memiliki jiwa dan visi misi yang sama yakni ingin membantu sesama etnis Tionghoa dan seluruh rakyat Indonesia,” imbuh Waketum Johnny. ( Red )




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment