Sambut HUT Ke-77 TNI Angkatan Laut, Lantamal XII Ikut Gerakan Nasional Laut Bersih Secara Serentak

By Syamsuri 07 Sep 2022, 18:13:17 WIB Kesehatan
Sambut HUT Ke-77 TNI Angkatan Laut, Lantamal XII Ikut Gerakan Nasional Laut Bersih Secara Serentak

KALBAR,(IN) - Lantamal XII, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Ke-77 TNI Angkatan Laut, yang serentak dilaksanakan di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut bertempat dikawasan wisata bakau Pantai Sungai Duri I Kabupaten Mempawah, Rabu (7/9/20222)

Kegiatan tersebut mengusung tema "Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" Laut Bersih Rakyat Sejahtera.

Dalam kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih yang acaranya terpusat di Mako Kolinlamil Jakarta,disaksikan oleh jajaran seluruh TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia secara Video Conference bersama Bapak KASAL Laksamana TNI Yudo Margono beserta Pejabat Utama, dan Staf Ahli Para Pangkotama, Menteri Menko Marvest RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, para undangan perwakilan dari jajaran Kementerian dan pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Baca Lainnya :


Dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan, atas nama TNI AL mengucapkan terimakasih atas kesediaan para hadirin yg telah datang di acara tersebut, sehingga merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi TNI Angkatan Laut.

"Indonesia adalah Negara Kepulauan, kekayaan alam yg beragam dan melimpah. Laut telah menyediakan kekayaan yg melimpah dan tentunya untuk kesejahteraan kita semua, dan pemerintah menetapkan "Misi Maritim" sebagai cita cita bersama," kata Kasal Laksamana Yudo Margono.

"Presiden telah menekankan bahwa kita harua kerja keras untuk mengembalikan Indonesia menjadi negara Maritim. Samudera, selat dan teluk adalah masa depan kesejahteraan bangsa. Kita telah lama memunggungi lautan, kini saatnya mengembalikan semua sehingga kita akan Jalesveva Jayamahe artinya dilaut kita kaya. Misi dan cita-cita tersebut harus disukseskan kita bersama dengan peran aktif yg nyata, bukan cuma sekedar selogan," lanjut Kasal.

"Dengan momentum peringatan HUT TNI AL ke-77 tanggal 10 September 2022, akan berusaha mengobarkan Gerakan Nasional Laut Bersih. Dan pada hari ini kita telah memulai gerakan tsb dengan kegiatan serentak dimulai dari jajaran terkecil di seluruh Indonesia dan berkolaborasi dengan segenap elemen masyarakat, diharapkan masyarakat akan mencintai lautan dengan menjaga kebersihan lautan," pungkasnya.

Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama Suharto, S.H., M.Si.(Han) dalam penjelasannya ke awak media menyampaikan. 

"Gerakan Nasional Bersih Laut ini dilaksanakan serentak di jajaran TNI AL seluruh Indonesia dan terpusat di Kolinlamil Jakarta yang dihadiri oleh Menko Marvest RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan disaksikan secara Vicon seluruh jajaran TNI Angkatan Laut," jelas Danlantamal XII.

"Khusus di Kalimantan Barat ada dua lokasi tempat di Sungai Duri Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Ketapang. Program Nasional Laut Bersih sudah menjadi rutinitas di Pangkalan karena laut itu pintu gerbang juga ketika pertama dilihat orang memasuki suatu wilayah," jelas Danlantamal.

"Sampah yang sudah berhasil terkumpul kurang lebih 100 kg, sampah tidak terlalu banyak karena kawasan wisata bakau ini termasuk kawasan wisata yang merupakan binaan Dispotmar Lantamal XII jadi sudah rutin dibersihkan," kata Danlantamal XII.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, S.H.I., M.M., mewakili Bupati, Pejabat Utama, Kadis Lantamal XII, Danramil Sungai Kunyit Kapten Inf Mino, Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah, Camat Sungai Kunyit Drs. M. Erpija, M.Si, Direktur Pelindo Regional 2 Suhaimi dan Kades Sungai Duri 1 Ibu Ana Suryana, S.Pd.

*(Penulis:PenAl XII Kalbar)*

*(Sumber:Ksatria Jala Khatulistiwa

Dispen Lantamal XII)*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment