Shifa Sang Juara, Menuju Kejurnas Shorinji Kempo di Solo

By Syamsuri 04 Sep 2022, 10:07:08 WIB Olahraga
Shifa Sang Juara, Menuju Kejurnas Shorinji Kempo di Solo

JAKARTA,(IN) - Sulthanah Nashifah TIM POPNAS DKI Jakarta mendapatkan kesempatan tampil di Kejuaraan Nasional Shorinji Kempo Piala Bergilir Wali Kota Surakarta Terbuka Tahun 2022 atau "SHORINJI KEMPO, SURAKARTA OPEN TOURNAMENT 2022" merupakan salah satu agenda nasional PB Perkemi, akan diselenggarakan di GOR FKOR UNS, Jl. Menteri Supeno, Kompleks Stadion Manahan Kota Surakarta pada tanggal 07 s.d 11 September 2022. 

Dalam kesempatan tersebut remaja manis yang selalu tampil tegas dan bersahaja dikenal dengan panggilan Shifa dilingkungan sekolahnya MTsN 30 Munjul - Jakarta Timur, akan turut bertanding di nomor Embu Berpasangan Putri Kyu III s/d II. 

Dikesempatan sebelumnya Shifa berhasil memperoleh 3 Medali Emas di event Kejurdo se Jakarta Timur 19 Juni 2022 lalu di nomor; 

Baca Lainnya :

1. Embu Berpasangan Putri Remaja A.

2. Embu Beregu Remaja A.

3. Tandoku Remaja A.

Sedang di event Kejuaraan Se DKI JAKARTA Shifa kembali meraih;

1 Medali Emas di nomor Embu Beregu Remaja A, dan 1 Medali Perak di nomor Embu Berpasangan Putri Remaja A.


Shifa dengan santai menyampaikan melalui selulernya ketika dihubungi oleh kontributor media online " InsyaALLAH Aku bisa, meskipun harus menyesuaikan diri dengan pasangan baru yang berlainan dojo dengan karakter dan kebiasaan berbeda" jawabnya penuh optimis.

Kali ini Shifa akan berpasangan dengan Haruming Sekar Kinasih dari dojo Bulungan, ia adalah putri dari Zulkarnain Idris yang saat ini menjabat selaku Ketua PERKEMI Pengprov DKI. Meskipun bukanlah hal yang mudah didalam berbaur berlatih bersama untuk menguasai suatu Waza dengan pasangan yang berlainan dojo sebelumnya dan tentunya pasti berbeda pula kebiasaan serta tingkat disiplinnya. Shifa yang terlihat lebih handal dan tegas ketika melakukan tehknik waza selama TC (Pemusatan Latihan) di GOR LANUD Halim Perdana Kusuma cukup membuat Sekar harus Extra Full All Out mengerahkan energy dan segenap kemampuan didalam mengejar ketinggalannya untuk dapat mengimbangi Shifa selaku pasangannya yang akan tampil bersama di ajang Kejurnas Solo nanti ujar Senpai IVAN KUSAIRI JAMIL (IV DAN) selaku Pelatih Utama di Dojo POPKI yang sudah terkenal banyak meraih prestasi dan melahirkan atlet berprestasi di setiap event kejuaraan lokal hingga nasional. Untuk dapat mengimbangi pasangannya nanti, Sekar cukup legowo bersedia datang berlatih ke Dojo POPKI Cibubur selama jelang persiapan menuju kejurnas, dimana tempat Shifa dalam keseharian berlatih mematangkan tehknik-tehknik Beladiri Shorinji Kempo bersama Kakaknya Amirah L Marchellia (Ratu - Kyu 1) yang saat ini sebagai Mahasiswi Fakultas Hukum di Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta yang juga merupakan Kenshi berprestasi dojo POPKI.

Hal senada disampaikan oleh Senpai Andi Ewang (IV DAN) Selaku ketua pelatih di TC POPNAS. "Shifa dan Sekar kami siapkan untuk event Pekan Olahraga Pelajar nantinya, dan kejurnas di solo merupakan ajang Tryout mereka. Meskipun perlu waktu untuk keduanya menyesuaikan diri. Shifa memang tampak lebih menguasai dan tegas didalam mempraktikkan waza-waza yang akan dipertandingkan nantinya, tapi masih cukup waktu bagi Sekar untuk dapat belajar dan menyesuaikan diri dengan Shifa sebagai pasangannya nanti".

Sekretaris Jenderal Perkemi, Bambang Sigit Nugroho mengatakan sejauh ini ada sebanyak 50 kontingen dari Indonesia, Kamboja, dan Timor Leste yang menyatakan akan mengikuti kompetisi Wali Kota Solo Open tersebut. "Jumlah atlet dan official ada 652. Harapannya kompetisi ini bisa dimanfaatkan oleh atlet kempo dalam menghadapi PON ke-21 di Aceh," katanya, dikutip dari Antara, Rabu (27/7/2022).

Ketika dikonfirmasi kepada H. Alfan Sari, SH.MH.MM. Orangtua dari Shifa tentang kesiapan putri bungsunya menghadapi Kejurnas ini beliau menyampaikan "Event Kejuaraan Kempo di Solo ini merupakan ajang bergengsi tempat pembuktian kwalitas para atlet yang nantinya akan berlanjut ke event nasional berikutnya. Saya percaya dengan kemampuan dan kwalitas mental putri saya. Dan disana kita juga akan melihat mana yang karbitan atau hasil dongkrakan, dimana ada segelintir orang hanya memanfaat moment untuk mencari populeritas tanpa diimbangi kemampuan sejati" ujar Advokat senior yang juga penyandang Sabuk Hitam di Shorinji Kempo dan terkenal kritis dan kontroversial tersebut.( Red )




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment